/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1131.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/anime/ani-12/ani1131.png), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */ Vertical Resize - Hello Kitty

widget


Rabu, 22 Juni 2016

Tari Tradisional Khas Sumatera Barat

Selain berlimpah wisata alamnya, Sumatera Barat memiliki banyak corak seni yang bisa membuat kita terkesima, tari tradisional Sumatera Barat ini memiliki etnis Minangkabau yang khas yang dipengaruhi oleh agama Islam, beberapa macam- macam tarian khas adat Minangkabau, antara lain ialah:
  • Tari Persembahan Minang 
Tari Persembahan Minang merupakan salah satu tarian khas daerah Minangkabau yang ditujukan untuk menyambut tamu yaitu, sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat.
Tari persembahan ini biasanya dilakukan oleh laki- laki dan perempuan. Pada saat ini, tari persembahan dilakukan untuk menyambut tamu dan sebagai acara tari pentas seni.

Berikut ini adalah video dari tari tradisional Sumatera Barat yaitu tari persembahan minang yang diambil dari youtube,
 


  •  Tari Piring 
 Tari Piring atau disebut dengan  tari piriang merupakan tarian tradisional Sumatera Barat yang berasal dari Solok Sumatera Barat. Tari Piring masih terus ada hingga sampai saat ini. Tarian piring memiliki gerakan yang menyerupai gerakan petani semasa bercocok tanam, tarian ini juga melambangkan rasa gembira dan bersyukur dengan hasil tanaman mereka, ciri khas tarian ini ialah dengan meletakkan piring di atas telapak tangan mereka, sekarang tari piring sering ditampilkan di berbagai acara festival kesenian tari.
  • Tari Payung
Tari payung merupakan tarian tradisional dari Sumatera Barat yang menggambarkan kasih sayang sepasang kekasih yang dilambangkan dengan melindungi kekasih tersebut dengan payungnya.
Tari payung memang merupakan tari pergaulan muda-mudi sehingga dibawakan secara berpasang-pasangan. Selain menggunakan payung sebagai alat bantu yang dimainkan oleh penari pria, bisa juga ditambah dengan selendang untuk penari wanita.Musik yang mengiringi tari payung ini sangat dinamis. Tari payung biasa dibawakan untuk memeriahkan acara pesta, pameran, dan lain sebagainya.

 http://ujiansma.com/wp-content/uploads/2014/01/Tari-Payuang.jpg









Tidak ada komentar:

Posting Komentar